Design Bangunan Universitas Terbaik Rancangan Arsitek Terkenal Dunia

Arsitek papan atas dunia mulai merancang bangunan untuk perguruan tinggi di Amerika Serikat sejak pertama kali perguruan tinggi didirikan di Amerika pada abad ke-17. Salah satunya adalah bangunan Gelatik di College of William and Mary,  Williamsburg, Virginia, yang dirancang oleh Sir Christopher Wren, arsitek kehormatan  perancang Katedral St. Paul di London,  bangunan yang di bangun antara tahun 1695 dan 1700 itu masih  digunakan sampai saat ini. Tradisi ini terus berlangsung , khususnya pada abad ke-20 dan ke-21, ketika arsitek bintang seperti Frank Lloyd Wright dan Zaha Hadid mulai ikut merancancang bangunan universitas. Meskipun seringkali struktur bangunannya cukup avant-garde dan terkadang mengundang kontroversi seperti Brutalism oleh Marcel Breuer’s atau fasad oleh Frank Gehry yang bergelombang dan reflektif, pada akhirnya karya mereka menjadi bagian penting dari identitas perguruan tinggi dan sikuai oleh siswa arsitektur bahkan para sejarawan. Mari kita simak daftar bangunan universitas rancangan arsitek paling terkenal di dunia.

Frederick R. Weisman Museum of Art, University of Minnesota (Minneapolis,Minnesota) karya Frank Gehry

Frederick.R.Weisman.Museum.Of.Art

Museum seni yang ada di Universitas Minnesota ini disebut sebagai salah satu mahakarya arsitektur. Museum yang berkelok ini didirikan pada tahun 1993, mengagumkannya pada saat itu perancangan desain menggunakan komputer (CAD) belum ada, untuk merancangnya dibutuhkan bentuk abstrak dari air terjun dan ikan.

Annie Pfeiffer Chapel, Florida Southern College (Lakeland,Florida) karya Frank Lloyd

Annie.Pfeiffer.Chapel

Kapel Annie Pfeiffer dibangun pada tahun 1941. Bangunan ini merupakan salah satu dari 12 bangunan rancangan Frank Lloyd Wright untuk Florida Southern College di Lakeland, Florida. Struktur bangunan sangat geometris dengan menampilkan menara beton tiga lantai dan menjadi pusat kegiatan spiritual kampus. Saat ini tersedia tur arsitektur keliling kampus untuk melihat koleksi bangunan karya arsitek legendaris tersebut untuk umum.

Eli and Edyth Board Art Museum, Michigan State University (East lansing,Michigan) karya Zaha Hadid

Eli.dan.Edyth.Art.Museum

Zaha Hadid memenangi kompetisi desain untuk Eli and Edyth Board Art Museum, dibuka pada 2012, museum ini menampilkan gaya futuristik khas arsitektur pemenang Pritzker Prize, dengan garis-garis horizontal dan diagonal menciptakan rasa gerak pada bangunan.

Richards Medical Research Laboratories, University of Pennsylvania (Philadelphia,Pennsylvania) karya Louis Kahn

Richards.Medical.Research.Laboratories

Dibangun pertengahan 1950-an ketika kampus membutuhkan laboratorium medis yang baru, bangunan ini bergaya modern dengan sentuhan menara bata tinggi khas arsitektur italia klasik. Dirancang oleh anggota fakultasnya sendiri saat itu Alberth Kahn.

Bibbins Hall, Oberlin College (Oberlin,Ohio) karya Minoru Yamasaki

Bibbins.hall.Oberlin.College

Minoru Yamasaki mendesain Bibbins Hall yang selesai dibangun pada tahun 1963, dan dua bangunan lainnya yang berdekatan sebagai bagian proyek Oberlins Conservatory of Music. Arsitektur ini menginspirasi bangunan terkenal World Trade Center di Newyork yang dibangun satu dekade kemudian. Jendela yang tipis dan panjang terinspirasi oleh arsitektur gotik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *