Perpustakaan Paling Ikonik Di Dunia

Perpustakaan adalah bangunan yang penting bagi seluruh universitas di dunia, di dalamnya para siswa muda yang ambisius mengembangkan pikirannya dalam berbagai mata pelajaran. Dengan begitu, masuk akal jika lembaga akademik menghabiskan banyak sumberdaya untuk memastikan perpustakaan mereka menambah semangat belajar para siswa. Seperti yang terjadi di Universitas Chicago , pejabat sekolah mereka menugaskan seorang arsitek terkenal dunia Helmut Jahn untuk merancang sebuah perpustakaan baru. Berkat desainnya yang indah , banyak perpustakaan sebuah universitas menjadi bangunan yang ikonik, mulai dari perpustakaan bergaya tradisional di Queens College dan Universitas Oxford hingga bergaya modern dengan desain ramping di Universitas Loyola , Chicago. Inilah daftar perpustakaan perguruan tinggi paling indah dan ikonik di seluruh dunia.

Joe dan Rika Mansueto, Universitas Chicago ,Chicago Amerika Serikat

Perpustakaan.Joe.dan.Rika.Mansueto

Perpustakaan Joe dan Rika Mansueto memiliki desain kubah kaca ikonik yang telah menerima banyak penghargaan  ( seperti GE Edison Award of Merit) sejak pembangunannya selesai di tahun 2011. Helmut Jahn sang arsitek menambahkan kaca yang dapat mengatur intensitas cahaya matahari dan juga memastikan cahaya masuk ke segala penjuru ruangan. Desain ini dibuat khusus untuk Universitas Chicago di Chicago , Amerika Serikat.

Duke Humfrey, Universitas Oxford, Oxford Inggris

Perpustakaan.Duke.Humfrey

Perpustakaan ini adalah salah satu bagian tertua dari  perpustakaan Bodleian, sebuah kelompok bangunan yang terdiri dari lima bangunan besar yang dibangun mulai dari awal abad pertengahan hingga awal abad ke – 20. Perpustakaan Duke Humfley sendiri sudah ada sejak tahun 1448.

Suzallo , Universitas Washington , Seattle Amerika Serikat

Perpustakaan.Suzallo

Perpustakaan bergaya gotik ini pertama kali dibuka pada tahun 1926, dirancang oleh arsitek asli Seattle Carl F. Gould Sr. dan Charles H. Bebb.

Queen’s College, Universitas Oxford, Oxford Inggris

Perpustakaan.queens.college

Perpustakaan Queen’s College dibangun dari tahun 1692 sampai 1695. Namun, sampai saat ini perancang asli dari bangunan ini belum diketahui, beberapa penelitian mengatakan bahwa Henry Aldrich yang saat itu adalah dekan gereja kristus dan Timothy Halton yang menjabat sebagai provost Queen’s College pantas mendapatkan kredit.

Peabody, Universitas Johns Hopkins, Baltimore Amerika Serikat

Perpustakaan.Peabody

Perpupstakaan ini dirancang oleh arsitek asal Baltimore Edmund G.Lind, dibantu oleh rektor pertama Universitas John Hopkins, Nathaniel H.Morisson. Dengan ketinggian 61 kaki, atrium utamanya memiliki lima tingkat balkon dengan dihiasi besi tuang yang membuat kesan dramatis.

Wren , Trinity College , Universitas Cambridge, Cambridge Inggris

Perpustakaan.Wren

Perpustakaan ini dirancang oleh Sir Christoper Wren dan selesai dibangun pada tahun 1695. Perpustakaan Wren menyimpan lebih dari seribu manuskrip dari abad pertengahan. Mulai dari kompilasi karya Shakespeare edisi awal, koleksi pribadi Sir Isaac Newton, koleksi sastra inggris abad ke-18 milik keluarga rotschild hingga naskah Winnie The Pooh and The House at Pooh Corner milik Milne.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *